Sebenernya gue agak kesulitan untuk nyari judul yang pas untuk postingan kali ini dan judul di atas bukan judul yang tepat sebenarnya wkwk.. 

I wanna talk about mother’s love, tapi kekeuh gamau pake judul itu karena menurut gue judul tiap postingan inggris semua padahal isinya bahasa indonesia. Ada kalimat inggrisnya, cuma ya malu-maluin -_- #still trying tho. Dan inspirasi dari postingan ini bukan emak gue, tapi kucing gue yang baru aja beranak 4 hari lalu.  

Gue kuliah di jogja dan jarak kampung gue dari sana sekitar 6 jam perjalanan pake mobil, 4 jam pake motor. Nah lebaran ini gue sama abang gue mutusin pulang bawa 7 ekor kucing kita karena kalo dititip bisa tekor sampe 1.5jt and we don’t have that much money. Ada satu kucing betina yang lagi hamil dan perkiraan kita dia lahiran masih sekitar sebulan, jadi tenang aja kita bawa mereka pulang. 

Nah si kucing hamil ini sejak di rumah selalu tiduran di balik pintu atau di pojok kamar kosong yang disuruh sama emak gue dijadiin kandang sementara mereka. Gaada gelagat aneh selama dua minggu dan tiba-tiba 4 hari lalu ketika gue berniat untuk bersihin jejak-jejak mereka buang aer, gue denger anak kucing ngeong-ngeong dan gue tau itu bukan suara kucing terkecil gue (FYI kucing terkecil gue umurnya kurleb 2-3 bulan). Buru-buru gue buka pintu kamar dan ada dua anak kucing masih basah di pojokan. Kucing gue yang hamil cuma tiduran lemes dan gue reflek nutup pintu, bangunin abang gue,  balik lagi buka pintu dan kucing gue itu langsung lari ke kardus bekas yang emang dari awal dateng dah gue sodorin ke dia buat tempat lahiran. Yang bikin aksi lari itu miris adalah dia lari ninggalin dua anaknya yang baru lahir dan ternyata masih ada satu ekor yang masih ngegantung di pantatnya. Itu dua ekor langsung diangkat sama abang gue dideketin ke emaknya. Perasaan gue sama abang gue gak karuan, antara pengen ketawa, bahagia, kasian, semua jadi satu. Soalnya emang beberapa bulan lalu ni kucing hamil juga dan anaknya mati abis lahir. Kita gamau ada yang mati lagi, jadi lahiran yang ini beneran kita pantau. 

Dan dalam dua jam, fixed ada empat ekor anggota baru. Dua putih, satu hitam putih ala ombre gitu, sama 1 red tabby (sumpah dia kecil banget). Bapak gue yang baru pulang olahraga geleng-geleng ngeliat gue sama abang gue kegirangan. Langsung kita permak kandang besi pake kardus dan kita masukin mereka ke sana. We’re happy enough to hear their crying.

Gue sempet khawatir karena induknya gak mau keluar kandang sama sekali. Dari pagi belom makan dan minum apapun. Dah disodorin, tetep gamau. Walhasil gue masukin tangan gue, bawa wadah pakan, dan nyodorin itu langsung di dalam kandang.

Dan gue baru sadar dia sebenernya lapar tapi gamau ninggalin anaknya, bahkan untuk sekedar makan di depan kandangnya sendiri.  Wadah pakan gamungkin ditaruh dalam karena kandangnya kecil. Hampir nangis gue pas nyadar itu, jadinya barangkali ada setengah jam gue duduk megangin wadah pakan dan minum di situ.  

Hal lain yang bikin gue khawatir adalah dia juga gak keluar untuk buang air. Gue dah pernah liat kucing ngalamin fuss dan gue gamau kalo itu dialamin sama dia. Gue cuma bisa nungguin sampe akhirnya malam-malam abis ngasih makan semuanya, gue ngeliat dia keluar nyari bak pasir dan pupnya gede banget wkwkwk..  Lega ngeliatnya tuh 😅

Ada satu momen juga yang bikin gue hampir mewek. Setelah sehari di kandang terus, akhirnya dia mau keluar nyari makan. Yaudah gue kasih makan lah ya, bareng yang lain. Abis dia makan langsung balik kandang. Gue sama abang gue ngeliatin anak-anaknya sambil gemes-gemes sendiri. Barangkali ada sejam kita merhatiin, induknya keluar. Baru nongolin kepala sama kaki depan,  eh anaknya mewek. 

Dan gapake mikir dia langsung balik. 

Me, crying af. 

Latar belakangnya adalah itu kucing galak gamau kumpul sama kucing lain. Dan gue shock ngeliat dia sesayang itu sama anaknya. Gue baru ngeh ternyata jadi emak bisa ngubah segitunya. 

Dan gue yakin itu berlaku untuk manusia juga. Emak gue juga kata temen-temennya pendiam, tapi hobi tuh curhat sama ngedumelin 2 anaknya yang badung tak terkira 😂

